UNHAS, PTN tertua di Indonesia Timur


Perguruan Tinggi Negeri tertua di Indonesia Timur, yakni Universitas Hasanuddin. Yah, sesuai namanya yang diambil dari nama pahlawan nasional di Indonesia Timur, Universiats ini bertempat di Sulawesi Selatan tepatnya di Ibu Kota Provinsi, Kota Makassar. Universitas Hasanuddin resmi berdiri pada tahun 1956 yang sebelumnya merupakan kampus jauh dari Universitas Indonesia pada tahun 1947 dengan Fakultas pertamanya Fakultas Ekonomi. 

By: Asrullah Jalil


Ada beberapa hal yang penulis akan ulas mengenai Universitas ini, yakni:

Pertama, Universitas yang berlogo ayam jantan. Memang bila didengar dari namanya kita akan teringat dengan julukan Sultan Hasnuddin yang diberikan oleh VOC yakni “Ayam Jantan Dari Timur”.  Mungkin saja itu alasan pencipta lambang Universitas Hasanuddin menggunakan Ayam Jantan sebagai Lambang Universitas ini.

Kedua, Kampus Merah atau kampus Hijau? Yah, itu pertanyaan yang membingungkan bagi orang awam yang mendengarkannya. Kenapa tidak, beberapa kali pihak Kampus memberikan julukan Universitas ini dengan julukan Universitas Hijau, tapi di masyarakat awam pasti dalam pikiran mereka ketika mendengar julukan Universitas Hijau pasti berpikir UIN Alauddin, IAIN, atau STAIN lucukan.

Ternyata alasan pihak kampus memberikan julukan Kampus Hijau karena Universitas Hasanuddin merupakan kampus yang Go Green yang memiliki hutan kampus. Mungkin itu alasanya.
Kalau Kampus merah bagaimana pendapat kalian? Kalau dilihat dari almamater yang digunakan yakni almamater merah julukan kampus merah itu sangat cocoklah.

Ketiga, kampus yang berasaskan MARITIM. Yah, bila dilihat dari model taman yang ada di kampus ini memang didesain ala-ala pesisir, tapi dari konsep yang diberikan ternyata MARITIM merupakan kepanjangan dari sifat atau moral yang harus dimiliki oleh Mahasiswa Universitas Hasanuddin, Yakni:
Manusiawi
Arif
Religius
Integritas
Tangguh
Inovatif
Mandiri

Keempat, tempat paling enak untuk nyantai. Siapa yang bisa menolak untuk nyantai di kampus ini, kalau sudah masuk di kampus ini hawa dari panas karena macet langsung sejuk kayak lagi di Kampung halaman dan tempat-tempat untuk nyatainya juga banyak loh. Ada beberapa tempat yang paling enak untuk nyantai, pertama di taman dekat pintu 1 kampus, kita bisa menikmati keindahan danau kampus sambil duduk loh, intinya sejuk kok, kedua taman mesjid kampus tempat ini menjadi tempat favorit kedua walaupun tempat ini berdekatan dengan taman kampus tapi tempat ini dipilih oleh orang sebagai tempat nyantai karena tempatnya yang berdekatan dengan mesjid kampus. ketiga, depan pascasarjana yakni kebun rusa, yah banyak orang menjadikan tempat ini untuk beristirahat melepaskan bebas dari tugas kampus dan tempat ini berhadapan langsung dengan kebun rusa. Dan terakhir, Perpustakaan, yah banyak sekali mahasiswa memilih tempat ini sebagai tempat beristirahat sambil mengerjakan tugas kampus.

Kelima, satu-satunya PTN di Indonesia Timur yang berakreditasi A. jadi, berbanggalah bila kalian Mahasiswa UNHAS, kawan. dan Universitas Hasanuddin merupakan 8 PTN yang berbadan hukum di Indonesia. 
nda rugi kok kuliah di Universitas Hasanuddin karena banyak tokoh penting yang lahir di kampus ini, salah satunya Pak Wakil Presiden kita, Pak Jusuf Kalla dan Pak Menteri Pertanian kita, Pak Amran.

Yah, itulah beberapa hal yang penulis bahas mengenai Kampus Merah (Hijau) ini. Semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment